Mengenal Lebih Dekat Furniture Jepara Terkini Model Mewah

Bicarakan furniture, tentu kita ingat Kota Jepara. Ya, kota di pesisir utara Jawa ini simpan banyak cerita legenda antik berkaitan seni ukirannya. Yok baca dan kenali narasi di balik Furniture Jepara, agar lebih memahami saat sebelum mempunyai produknya.

Mengenali Kota Jepara

Saat kita membaca kata Kota Jepara, yang selalu terbayang ialah nama pahlawan nasional R.A. Kartini yang lahir dan besar di Rembang, Jepara. Sebagai kota pesisir, Jepara dipanggil sebagai kota Kota Kerajinan Kayu, terutama seni ukirannya. Selainnya seni ukir, ada juga seni patung, seni relief, seni monel, seni kemasan, seni mainan anak, seni rotan, seni anyaman bambu, seni macan kurung, kaligrafi, dan lain-lain.

Tidak cuman dikenali karena seninya yang kental, tetapi Jepara dikatakan sebagai Kota Seribu Pondok Pesantren. Banyak ponpes di Jepara, bahkan juga banyaknya dua kali lipat dari ponpes di Rembang. Jepara mempunyai kuliner yang unik, seperti pindang serani jepara, ikan asin, seperti minuman ciri khas Jepara dari kombinasi jahe, gula merah, santan, potongan kelapa muda bakar dan jamu-jamuan.

Seni Ukir Jepara

Jepara benar-benar populer dengan ukir-pahatannya dan produksi furniture. Ukir-pahatan Jepara benar-benar unik dan disukai orang luar negeri. Tidaklah aneh bila Jepara dikatakan sebagai Kota Ukir di Dunia atau The World Carving Center. Amerika dan Jepang ialah negara arah export seni ukir paling besar Jepara. Di Jepara, sentral seni ukir bukan hanya di satu tempat, tetapi terdiri dari banyak daerah, misalnya

Sentral Ukir Patung, di Dusun Mulyoharjo

Sentral Ukir Relief, di Dusun Senenan

Sentral Ukir Minimalis, di Dusun Petekeyan

Sentral Ukir Gebyok, di Dusun Blimbingrejo

Sentral Ukir Bambu, di Suwawal Timur

Sentral Ukir Almari, di Dusun Bulungan

Sentral Ukir Genteng, di Dusun Mayong Kidul

Semua wilayah ini mempunyai ciri khas ukir-pahatan dan dari material kayu yang mereka kerjakan. Wilayah ukir ini bisa saja tamasya ukir yang lumayan menarik turis, apa lagi dapat

melihat beberapa seniman memahat sebuah karya seni cantik dan indah untuk tempat tinggal atau fitur rumah Anda.

Riwayat Seni Ukir

Narasi sumber seni ukir di Jepara terbagi dalam beberapa versi, tetapi cuman ada dua legenda yang dipercaya turun-temurun jadi awalnya terciptanya sebuah dusun ukir. Salah satunya narasi ialah mengenai seorang pengukir namanya Prabangkara atau Joko Sungging yang disuruh melukis seorang permaisuri dari Raja Brawijaya, sebuah lukisan yang memvisualisasikan permaisuri tanpa baju. Singkat kata, Joko Sungging pada akhirnya dijatuhi hukuman si Raja sebab bisa melukis permaisuri dengan sempurna, terhitung ada tahi lalat yang berada di tubuh permaisuri.

Baca Juga: Lemari Pakaian

Joko Sungging dijatuhi hukuman dan diterbangkan memakai layang-layang besar, dan ia mendarat ada di belakang gunung di Jepara, sekarang ini lokasi jatuhnya Joko Sungging dipercayai sebagai wilayah Mulyoharjo. Di situ, Joko Sungging mulai mengajari pengetahuan memahat ke masyarakat Jepara.

Pola Seni Ukir Jepara

Seni ukir Jepara benar-benar unik dan berbeda dari ukir-pahatan bermacam kreasi di sejumlah wilayah di Indonesia. Macam hias pola ukir Jepara semakin banyak dikuasai tanaman yang menyebar dengan setiap relungnya menjumbai daun-daun krawing yang paling aktif. Di sejumlah pola ukirnya, pada bagian jumbai ada juga buah-buah kecil-kecil yang berupa lingkaran, sebagai pemanis tanaman menyebar.

Selainnya tanaman, pola lain di ukir-pahatan Jepara ialah ada deskripsi satu ekor burung merak, naga, ukir-pahatan mentah, dan pola gunungan. Pola ukir Jepara sendiri terbagi dalam batang lubuk, jumbai (ujung lubuk) dan trubusan.

Pola Seni Ukir Jepara

Kelebihan Furniture Jepara

Furniture Jepara tidak cuman dikenali dan dikagumi orang Indonesia, bisa dibuktikan semenjak beberapa puluh tahun furniture Jepara masih tetap jadi favorit saat orang ingin beli perlengkapan kayu. Berikut kelebihan furniture Jepara yang tidak dijumpai di furniture kota dan negara lain:

Furniture Jepara gampang diketemukan di beberapa kota, jadi tidak perlu harus ke Jepara untuk beli furniture

Furniture Jepara bukan hanya konsentrasi di satu perlengkapan, tetapi furniture Jepara banyak memiliki macam produk rumah tangga atau industri

Furniture Jepara dibuat dengan beberapa grade, jadi semua kelas ekonomi dapat beli furniture ini

Furniture Jepara sudah tidak diragukan kembali hasilnya, dari pola ukir-pahatan sampai kualitas kayunya selalu terjaga, walau furniture yang dibuat ialah kelas C

Furniture Jepara lebih tahan lama, tahan terhadap air dan tahan rayap

Furniture Jepara mempunyai design yang menawan dan berkualitas

Furniture Jepara bermotif yang unik dan sulit diikuti pengukir dari kota dan negara lain

Ciri khas Furniture Jepara

Ciri khas Furniture Jepara

Semuanya orang tentu setuju bila ukir-pahatan dan furniture Jepara mempunyai ciri khas baik dari segi model dan pembikinannya. Model yang populer di ukir-pahatan Jepara ialah pola Daun Trubusan yang terdiri dari dua jenis, yakni daun yang keluar batang lubuk dan satunya ialah daun yang keluar cabang atau ruasnya. Tidak itu saja, yang spesial dari ukir-pahatan dan furniture Jepara ialah beberapa senimannya selalu jaga keseimbangan dan kesesuaian di antara alam dan manusia dan ini kelihatan dari pola ukir-pahatan mereka.

Baca Juga: Meja Rias

Keunikan lainnya ialah, furniture Jepara selalu memakai kayu jati yang dapat tahan sampai beberapa puluh tahun lama waktunya. Pengukir Jepara benar-benar memahami pilih kayu untuk furniture dan mereka percaya memakai kayu jati akan membuat furniture mereka mempunyai struktur yang lembut, serat yang tajam, dan warna yang beragam dibandingkan tipe kayu yang lain. Nilai plus lainnya ialah furniture dan ukir-pahatan Jepara selalu mempunyai permukaan rata, tidak bergelombang hingga pas dipakai untuk bermacam dekor baik ruang yang minimalis, klasik ukir mewah atau neo-klasik ukir mewah.

Harga Furniture Jepara

Bila kamu ingin mempunyai furniture Jepara, tentu saja perlu mempersiapkan bujet yang cukup, karena rerata furniture Jepara selalu dibikin dari kayu jati yang telah populer mahal harga. Produsen furniture di Jepara juga sekarang telah banyak yang menghasilkan furniture untuk tempat tinggal minimalis, tanpa ukir-pahatan yang berkesan berat. Maka, sesuaikan dengan bujet dan keperluanmu dan yakinkan untuk beli furniture Jepara langsung di toko furniture terdekat.

Tidak boleh enggan untuk cari informasi berkaitan harga furniture Jepara di bermacam toko online furniture sebagai rekomendasi harga dan model. Rata-rata, harga set furniture kursi tamu dipasarkan dimulai dari Rp4juta rupiah. Yok, samakan kembali bujetmu dan pikirkan untuk beli furniture Jepara sebagai salah satunya fitur wajib buat tempat tinggalmu.